Mengenal Jenis - jenis Alat Musik



JENIS - JENIS ALAT MUSIK

Berdasarkan atas pengelompokannya, alat musik yang ada didunia dapat dikasifikasikan menjadi tiga bagian, diantaranya adalah: berdasar atas cara memainkan alat musik, berdasar atas sumber bunyi alat musik, dan berdasar atas fungsi alat musik.
  •  Berdasar Atas Cara Memainkan Alat Musik
  1. Alat musik tiup, yaitu alat musik yang cara memainkanya dengan meniup alat musik tersebut, contoh alat musik ini diantaranya: harmonica, recorder, tuba, seruling, flute, bason, horn, terompet, pianika, saksofon, clarinet dan lain-lain.
  2. Alat musik gesek, yaitu alat musik yang cara memainkanya dengan menggesek alat musik tersebut, contoh alat musi ini diantaranya: biola, rebab, cello, violin, kontra bas, viola dan lain-lain
  3. Alat musik petik, yaitu alat musik yang cara memainkannya dengan me-metik alat musik tersebut, contoh alat musi ini diantaranya: gitar, bas, mandolin, harpa, siter, banjo, sasando, ukulele, dan lain-lain.
  4. Alat musik tekan, yaitu alat musik yang cara memainkannya dengan menekan alat musik tersebut, contoh alat musi ini diantaranya: piano, organ, keyboard dan lain-lain.
  5.  Alat musik pukul, yaitu alat musik yang cara memainkannya dengan memukul alat musik tersebut.
    • Alat musik pukul ada dua macam:
  1. Alat musik pukul yang mempunyai nada, contoh : kulintang, perangkat gamelan, calung, vibraphone, arumba, xylophone, bellira, glockenspiel dan lain-lain.
  2. Alat musik pukul tidak mempunyai nada, contoh : gendang, ketipung, rebana, tamborin, symbal, tympani, triangle, kastanyet, gong, pauken, drum set dan lain-lain.
  • Berdasar Atas Sumber Bunyi Alat Musik

Berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkannya, alat musik bisa diklasifikasikan menjadi lima.
  1. Aerophone, yaitu alat musik dimana sumber bunyinya berasal dari udara yang bergetar dengan cara ditiup atau dipompa. Contoh : flute, seruling, rekorder, tuba, melodeon, clarinet, saksophone dan horn yang cara memainkannya dengan ditiup. Akordion dengan dipompa.
  2. Idiophone, yaitu alat musik dimana sumber bunyinya berasal dari batangan logam atau kayu yang dipukul atau sumber bunyinya berasal dari alat itu sendiri. Contoh : bellira, calung, angklung, kulintang, perangkat gamelan.
  3. Elektrophone, yaitu alat musik dimana sumber bunyinya berasal dari rangkaian elektronika yang terdapat di dalam alat tersebut. Perkembangan teknologi saat ini membuat alat ini bisa mengeluarkankan suara dari berbgai jenis alat musik. Contoh keyboard. Organ elektrik, gitar elektrik, bass elektrik dan lain-lain.
  4. Membranophone, yaitu alat musik dimana sumber bunyinya bersumber pada getaran pada selaput tipis yang terbuat dari kulit atau plastik yang berbunyi dengan cara dipukul. Contoh : tamborin, rebana, bedug, drum set, ketipung, bongo, konga, tympani dan lain-lain.
  5. Chordophone, yaitu alat musik dimana sumber bunyinya berasal dari rangkaian dawai yang bergetar karena dipetik, digesek maupun ditekan.
  • Di petik    : gitar, harpa mandolin, ukulele, banjo, siter, kecapi bas dan lain-lain.
  • Di gesek   : biola, viola, cello, double bass, rebab
  • Di tekan : piano akustik

  • Berdasar Atas Fungsi Alat Musik

Berdasar atas fungsi alat musik dapat diklasifikasikan dalam 3 jenis alat musik yaitu:
  1. Alat musik melodis, yaitu alat musik yang dipakai untuk menghasilkan untaian nada (melodi) sebuah lagu, misalnya: seruling, saksofon, pianika, harmonica, flute, terompet, rekorder dan lain-lain.
  2. Alat musik ritmis, yaitu alat musik untuk menciptakan irama (ritme) saat dimainkan, misalnya: ketipung, konga, bongo, bass, drum set, kendang dan lain-lain.
  3. Alat musik harmonis, yaitu alat musik untuk menciptakan paduan nada (akor) saat dimainkan, misalnya: gitar, piano, keyboard, organ dan lain-lain.

Demikian jenis - jenis alat musik yang diklasifikasikan berdasakan cara memainkan alat musik, berdasar atas sumber bunyi alat musik, dan berdasar atas fungsi alat musik.



Pokoknya keep Rock On!!!
Stay away from drugs!!