Sejarah Alat Musik

Menciptakan musik merupakan bentuk hiburan paling tua. Siulan sebagai bentuk musik muncul pertama kali sekitar 40.000 tahun yang lalu. Setelah itu, ribuan jenis alat musik tercipta. Kreatifitas para musisi pada jaman now semakin dimanjakan dengan begitu banyak pilihan alat musik yang bisa dimainkan.
Berikut akan kami tampilkam beberapa jenis alt musik yang ada saat ini, setiap alat musik mengalami berbagai modifikasi yang makin menambah jenis dan ragam alt musik itu sendiri.


Alat musik gesek

Alat gesek muncul pertama kali pada abad kesepuluh. Alat musik ini terdiri dari Senar (String) dan Pengesek (bow). Prinsip alat musik ini adalah ketika pengesek ini bergerak menyilang di atas senar, senar bergetar menghasilkan suara. Yang termasuk dalam kelompok alat musik ini adalah Biola, Cello dan Rebab.


Alat Musik Tiup
 
Alat musik ini merupakan perkembangan dari siulan. Yang termasuk jenis alat adalah Flut, Terompet, Saksofon dan Suling. Kelompok alat musik ini sering disebut Brass Section.

G i t a r
 
Sejarah Gitar dipercaya dimulai di wilayah Timur Dekat. Di antara puing-puing yang di temukan di Babylonia, yang paling relevan adalah Gitar yang di buat pada 1900 - 1800 Sebelum Masehi (SM). Dari masa ke masa Gitar pun berkembang, baik dari bentuk maupun suara yang dihasilkanya. Di zaman modern, orang mulai mengenal Gitar yang memanfaatkan sumber daya listrik. Bunyi yang dihasilkanya berbeda dengan bunyi Gitar Klasik. Gitar Listrik pertama kali dibuat pada 1932 oleh Adolpus Rickenbacker. Gitar ini mengambil bentuk rancangan Gitar Spanyol tradisional. Gitar merupakan alat musik yang banyak dimainkan.

P i a n o
Piano pertama kali dibuat oleh Bartolomeo Cristofori pada 1709. Piano merupakan salah satu instrumen keyboard (menggunakan papan tekan) yang dapat memainkan suara lembut maupaun keras. Tekanan suara itu berdasarkan seberapa keras tekanan pada tuts. Nama Piano berasal dari bahasa Italia, Piano e forte yang berarti lembut dan keras.

Drum dan Simbal
Drum dan Simbal merupakan alat musik yang telah dimainkan sejak Zaman kuno. Alat musik ini dimainkan dengan memukul. Jenis alat musik seperti itu di sebut juga perkusi. Pembuat Simbal terkanal dari Turki hingga kini membuat simbal dari campuran logam dengan rumus campuran tetap dan dijaga kerahasianya.



Demikian sedikit ulasan mengenai sejarah alat musik. semoga bisa bermanfaat untuk kita semua dalam memainkan dan menikmati musik. Jayalah musik Indonesia.

Subscribe to receive free email updates: