Band Rock Pertama di Dunia

Bicara tentang siapa band Rock tertua di dunia dalam benak kita pasti membayangkan The Beatles, The Rolling Stones atau band-band era Rockabilly (the 50-an), but di tahun 50an band-band yg ada hanyalah sebagai pelengkap dari penyanyi saja, jadi tugasnya hanya sebagai penyanyi Rock pada masa itu seperti Elvis, Fats Domino, Bill haley dll.
 
Sebenarnya orang Indonesia boleh berbangga hati sebab Band Rock tertua dalam artian band sebenarnya yang benar-benar eksis sebagai sebuah band adalah berasal dari Indonesia, tepatnya berasal dari Maluku. Nama band tersebut adalah THE TIELMAN BROTHERS.
Band yg terdiri dari 4 anak muda Maluku ini pada tahun 1956 hijrah ke negeri Belanda dan memulai karir rekaman mereka. Bisa dikatakan band rock tertua yang memulai debut rekaman adalah The Tielman Brothers. Mereka berempat adalah Andy Tielman (lead guitar, vocal), Reggie Tielman (rhytm guitar, vocal), Phonton Tielman (double bass, vocal), dan Loulou Tielman (drums, vocal). Penampilan mereka cukup memukau publik di Belanda khususnya dan Eropa pada umumnya. Boleh dikatakan mereka lah yang pertama kali memulai atraksi panggung yang liar dan atraktif, seperti bermain gitar (dan juga double bass) sambil melompat atau berguling-gulingan, serta tentunya demo drums. Orang- orang Belanda menyebut aliran musik mereka adalah Indo-Rock. Jauh sebelum publik Rock terpesona dengan permainan gitar alm. Jimi Hendrix pada tahun 1967, Andy Tielman, sang frontman telah memulai teknik tersebut pada tahun 1956 atau 11 tahun sebelum Jimi Hendrix bereksperimen dengan gitarnya. Konon kabarnya, Paul Mc Cartney pun mengagumi dan terinspirasi atas band ini sebelum The Beatles terkenal pada awal 1960an.
Sayangnya tahun 1976 band ini bubar karena boleh dikatakan permainan mereka rada stagnan dan tidak ada perkembangan alias kurang eksplore permainan, bermain di tataran itu-itu saja. akhirnya publik pun bosan. Di usia senja, Andy Tielman lebih banyak rekaman utk lagu-lagu rohani dan sesekali tampil di publik di Belanda dengan gitarnya namun tentu karena sudah uzur tidak seliar masa lalu. Sekedar tambahan, Indorock sempat dibahas di koran kompas sekitar 2004 dan 2006 dimana Indorock di era 50 akhir popular di Belanda dan Jerman. Diantaranya band Indorock seperti The Javalins, The Black Dynamites, Crazy Rockers, The Hap Cats, Electric Johnny & His Sky Rockets dan Tielman Brothers. Sayangnya masa jaya Scene Indorock diambil alih oleh scene beat rock Liverpool Inggris di awal 60an.

Subscribe to receive free email updates: