Hal yang diperlukan dalam menciptakan sebuah Lagu

Sebuah lagu yang biasa kia dengar adalah hasil olah kreatifitas seorang pencipta lagu. Sebuah lagu akan berisi curahan inspirasi yang dirangkai dan dimelodikan menjadi harmoni yang indah.

Tidak ada batasan baku dalam menciptakan sebuah lagu, hal ini karena sebuah karya seni memang bersifat subjektif yang artinya penilaian bagus tidaknya sebuah karya akan sangat relatif antara penikmat yang satu dengan lainnya. Tidak ada namanya sebuah lagu yang dianggap bagus banget oleh semua orang karena pada dasaarnya selera orang bisa berbeda-beda.
Sebuah lagu dianggap bagus apabila setidaknya lagu tersebut bisa dinikmati sebagian orang atau bahkan disukai oleh banyak orang, baik itu dari liriknya, suara vokalnya, melodi nadanya ataupun poin lainnya yang disuka oleh penikmat lagu.
Berikut beberapa langkah cara menciptakan sebuah lagu berdasarkan pengalaman pribadi penulis yang telah membuat beberapa lagu untuk band Phyruhize. Mungkin bisa menjadi sarana pembanding bagi teman-teman sesama musisi yang udah biasa menciptakan sebuah lagu atau juga sedikit acuan bagi kawan-kawan yang sedang belajar menciptakan sebuah lagu.
Baca, simak, pahami, dan silahkan dipraktekkan bagi yang berkenan dalam menciptakan sebuah lagu:

1. Langkah pertama, Memilih tema yang akan menjadi roh lagu
Pada tahap ini biasanya saya mencari inspirasi untuk mendapatkan ide spesial tentang tema lagu yang akan saya pakai. Usahakan tema yang kita pakai itu unik, menarik, menciptakan rasa ingin tahu lebih dalam apa yang sebenarnya ingin kita sampaikan kepada para pendengar kita nantinya.
Kita bisa mengambil tema tentang cinta atau percintaan, tema sosial, tema politik, tema tentang patriotisme, tema tentang isu yang sedang terjadi, atau boleh juga sebuah tema lagu untuk anak-anak.
# Gak ada batasan kok sob soal tema lagu. Mengalir aja, tapi satu hal saran saya: usahakan kita menguasai detail tema yang akan kita sampaikan, jangan setengah-setengah!!

2. Langkah ke dua, Susun poin-poin kerangka lagu
Saat kita sudah menentukan tema lagu yang akan kita pakai dalam meciptakan sebuah lagu, langkah selanjtunya adalah mengumpulkan poin-poin utama yang akan dijadikan pola atau kerangka lagu. Pola atau kerangka ini akan menjadi pilar sebuah lagu.
# Dengan adanya pola atau kerangka lagu maka kita akan lebih fokus dalam memilih kata-kata pendukung yang akan menjadi syair lagu kita tersebut.

3.Langkah ke tiga, membuat judul lagu yang unik, beda, simple
Langkah ke tiga ini menuntut  intuisi yang lumayan kuat dari seorang pencipta lagu. Sebuah lagu dengan judul yang unik, beda, tidak pasaran tapi simpel akan memberi nilai plus yang tinggi. Hal ini karena judul tersebut akan memberi kesan yang berbeda dari lagu karya orang lain. Judul lagu yang unik dan beda juga akan memudahkan seorang "peselancar" mencarinya di mesin pencarian internet.
#  Merupakan hal yang sudah lazim bahwa manusia cenderung tertarik dengan sesuatu yang unik dan tidak "lumrah" atau beda dari lainnya.

 4. Langkah ke empat, Rangkai untaian kata menjadi syair lagu
Untuk menciptakan sebuah lagu idealnya kita harus menyusun rangkain kata (yang lagi-lagi idealnya saya bilang) terdiri dari banyak kata. Meskipun pada realitanya ada juga lagu yang hanya memeiliki beberapa (sangat sedikit) kata. Kenapa saya lebih suka dengan rangkaian kata yang lumayan banyak adalah karena menurut saya setiap lagu saya memiliki sebuah pesan yang ingin saya sampaikan kepada para pendengar lagu saya dan hal ini menuntut saya merangkainya dengan kata-kata.
# Lagu adalah rangkaian kata atau syair yang didendangkan.

5. Langkah ke lima, Rangkai lirik yang membawa pendengar larut dalam syair
Sebuah lagu yang mampu membawa pendengar ikut hanyut dan seolah merasakan "rasa" yang ingin disampaikan oleh lagu tersebut tentu akan membuat penikmat tersebut menyukai lagu yang disajikan.
# Syair lagu terasa bernyawa tidak sekedar berlalu, (terdengar tapi terasa hampa) saat pendengar dapat membayangkan, hanyut dalam lagu.

 6. Langkah ke enam, Susun lirik lagu dan selaraskan
Lagu adalah rangkaian kata atau syair yang didendangkan, maka dari itu diperlukan ketepatan dan keselarasan syair agar saat didendangkan atau dinyanyikan akan mendapatkan harmoni lagu yang tepat.
 # Akan sayang sekali jika lagu sudah memiliki tema yang bagus, kerangka yang "kokoh", judul yang unik, dan isi syair yang kuat tapi finishing-nya tidak selaras maka hasilnya pun tidak akan maksimal.

Ok sob ini saja pengalaman saya dalam menciptakan sebuah lagu. Pastinya banyak dari sobat sekalian yang lebih handal dalam menciptakan sebuah lagu. Saling berbagi, saling mengisi...


Pokoknya keep Rock On!!!
Stay away from drugs!!

Subscribe to receive free email updates: