Padi (Band), Sang pembawa perubahan warna musik Indonesia pada jamannya




Pecinta musik Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan band Padi. Padi merupakan band dengan keunikan aransemen musik tersendiri. Warna musik yang mereka sajikan menjadi pembawa perubahan musik Indonesia saat ini. Kiprah Padi dalam blantika musik Indonesia telah memberi inspirasi para musisi muda di negeri ini.

Padi merupakan salah satu  grup band legendaris Indonesia. Padi telah malang meintang dalam dunia musik Indonesia dan telah banyak memperoleh penghargaan di bidang musik. Grup band yang beranggotakan Fadli sebagai vokalisnya, Piyu sang gitaris sekaligus kreator musik, Ari juga gitaris pengisi harmoni melodi Padi, Rindra sang pembetot Bass yang handal, dan Yoyok sang Drummer dengan ketukan dan ritme yang luar biasa.

Padi mulai berkiprah dalam kancah musik Indonesia pada akhir tahun 1900-an dengan menelorkan sebuah single pertama yang mereka beri judul "Sobat", yang mana lagu tersebut menjadi salah satu lagu yang terdapat dalam album kompilasi yang berjudul "Indie Ten". Padi disebut sebagai pembawa warna baru pada kancah musik Indonesia. Padi memilih genre Pop Rock Alternatif atau kreatif. Pada awal kemunculannya, warna musik mereka cenderung mirip dengan musik yang dimainkan oleh Radihead dan U2.

Motor utama sekaligus kreator Padi adalah sang gitaris, Piyu. Dari tangan Piyu inilah lahir banyak Hits Padi, hampir seluruh lirik lagu Padi ditulis oleh Piyu yang juga berperan sebagai komposer musik Padi. Akan tetapi kekuatan utama band ini tidak hanya terletak pada Piyu semata, skill masing-masing personel yang jempolan serta karakter unik mereka dalam memadukan harmoni dan melodi inilah yang menunjang nilai yang jarang dimiliki oleh band-band lainnya di Indonesia. Hal ini tidak mengherankan karena personel-personel Padi adalah para penyandang predikat terbaik dalam kejuaraan-kejuaraan instrumen alat musik.

Kebersamaan Padi tidaklah terjalin selamanya, band ini juga mengalami masa vakum. Pada masa vakum tersebut Piyu memilih menjalankan proyek kreatifitas musiknya sendiri, sebaliknya para personel yang lain masih tergabung bersama dalam sebuah band bernama
Musikimia. Musikimia memilih bermusikdengan idealisme sendiri, mereka memilih jalur indie dalam bermusik.

Padi dikibarkan pada tanggal 8 April 1997. Band ini adalah sarana penggabungan kreatifitas bermusik lima orang mahasiswa perguruan tinggi yaitu Universitas Airlangga, Kota Surabaya. Pada awalnya band ini bernama Soda, akan tetapi pada perkembangannya berganti nama menjadi Padi. Filosofi Makin berisi makin menunduk mereka ambil sebagai landasan dibalik nama Padi. Selain itu personel padi mengatakan kalo padi adalah makanan rakyat susah tapi juga merupakan simbol kesejahteraan.

Berawal dari tampil bermusik dari berbagai panggung musik inilah pada akhirnya Padi mendapat tawaran kontrak dari label rekaman.

Padi menelurkan beberapa album yang sukses merebut hati pecinta musi Indonesia. Menurut pendapat pengamat musik menyimpulkan bahwa aransemen musik yandg dimainkan oleh Padi memiliki tingkat kerumitan dan harmoni tingkat tinggi, cukup berbeda dengan irama yang dimainkan para band Indonesia pada msa itu. Hal inilah yang menurut para pengamat menjadikan Padi meraih sukses bermusik. Pada masa tersebut dunia musik Indonesia lebih didominasi oleh band-band yang membawakan lagu-lagu dengan tempo yang cenderung lambat. Berbeda dengan Padi yang menawarkan beat yang lebih cepat dan enerjik.

Hal yang sering dijumpai pada masa kelahiran Padi adalah terlihat pada penggunaan instrumen Keyboard oleh beberapa band kala itu. Penggunaan Keyboard atau Orgen sangat mempengaruhi karakter musik yang dibawakan, hal ini menjadikan musik kurang berdistorsi dan lebih melodik. Hal tersebut dapat dijumpai pada band-band seperti Dewa 19, Kahitna atau juga Slank pada saat Indra Q sebagai Keyboardist-nya.

Demikian sedikit ulasan tentang grup Band Padi, band dengan sejuta talenta musik di dalamnya.

Pokoknya keep Rock On!!!
Stay away from drugs!!

*Detail lengkap disadur dari https://id.wikipedia.org/wiki/Padi_%28grup_musik%29

Subscribe to receive free email updates: