Mengenal Instrumen Perkusi


Apakah yang dimaksud Instrumen Perkusi?
Instrumen perkusi merupakan benda atau alat apapun yang bisa menghasilkan suara atau nada baik dengan cara dipukul, , digosok dikocok, diadu, atau dengan perlakuan apapun sehingga menimbulkan bunyi atau getaran nada pada alat atau benda yang dimaksud tersebut. 
Istilah instrumen (alat) perkusi lazim digunakan pada sesuatu yang dipakai sebagai pengiring pada ssebuah permainan atau pertunjukkan musik
 
Antropolog dan sejarawan umumnya berpendapat instrumen musik perkusi merupakan alat bantu bermain musik pertama yang pernah diciptakan, sementara suara manusia merupakan alat musik pertama yang digunakan manusia. Instrumen perkusi seperti tangan, kaki, tongkat, batu, dan batang kayu sangat mungkin masuk sebagai generasi selanjutnya dalam evolusi musik.
 
Seiring dengan dibuatnya perkakas yang digunakan untuk berburu, dan bertani, keahlian dan teknologi yang ada membuat manusia mampu untuk membuat instrumen yang lebih kompleks. Sebagai contoh, batangan kayu sederhana dilubangi agar menghasilkan bunyi dalam intonasi yang lebih panjang (sebagai contoh: bedug, gendang), dan beberapa instrumen tersebut selanjutnya dikombinasikan untuk menghasilkan ragam suara yang berbeda.

Sumber: wikipedia.org

Subscribe to receive free email updates: