Berlatih Nada Tinggi Untuk Meningkatkan Kualitas Vokal



Dalam dunia tarik suara, memiliki kemampuan untuk bernyanyi dengan nada tinggi tentunya akan sangat mendukung kualitas vokal seorang vokalis. Dengan mempunyai suara yang tinggi seorang vokalis dapat mengeskplore lagu dengan lebih maksimal.

Meskipun pada kenyataanya tidak semua vokalis mampu menyanyikan sebuah lagu dengan nada tinggi, akan tetapi asalkan mau berlatih, maka menyanyi dengan nada tinggi bukanlah hal yang sulit dilakukan.

Untuk berlatih nada tinggi diperlukan penguasaan teknik pernafasan yang bagus. Seorang penyanyi atau vokalis yang memilik teknik pernafasan yang bagus akan dengan mudah mendapatkan kualitas suara yang prima.

Pertama-tama kita akan menentukan teknik pernafasan apa yang akan kita pakai, apakah pernafasan perut, pernafasan dada, atau pernafasan diafragma. Dalam paparan Tips berikut ini kita akan menggunakan teknik pernafasan perut.

Langsung saja berikut ini akan kami bagi sedikit kiat menguasai teknik pernafassan yang bagus dalam upaya meningkatkan kualitas vokal agar mampu bernyanyi dengan nada tingggi:

Langkah Pertama

Posisikan tubuh kita dalam posisi berdiri denang punggung ditegakkan, atau juga bisa dalam posisi duduk bersila dengan punggung tegak, hal ini dimaksudkan agar aliran nafas menjadi optimal. Posisi punggung yang tegak akan mempermudah proses pelatihan ini. Sedikit catatan disini, kita harus benar-benar meras rilek dalam latiah ini, karena dengan merasa rileks maka latihan akan menjadi nyaman dan hasil maksimal.

Langkah kedua

Hirup nafas dalam-dalam secara perlahan selama 10 detik, penuhi seluruh rongga perut hingga benar-benar penuh dengan udara. Menghirup nafas disini dilakukan dengan cara sangat perlahan tidak boleh terlalu tergesa-gesa.

Langkah ketiga

Setelah menghirup nafas selama 10 detik, tahap selanjutnya adalah menahan nafas tersebut selama 10 detik pula. saat menahan nafas ini perut akan terasa mengeras, tahan hingga hitungan ke 10, usahakan jangn kurang jangan lebih.

Langkah keempat

Hembuskan nafas lewat mulut secara perlahan selama 10 detik. Usahakan aliran keluarnya udara tersebut merata dan stabil. Atur sedemikian rupa aliran nafas agar tepat hitungannya.

Langkah kelima

Lakukanlah teknik tersebut secara berulang-ulang hingga terasa nyaman saat melakukannya. Akan menjadi sebuah peningkatan kualitas saat kita bisa menambah durasi tiap interval nafas tersebut. Misalkan tingkatnyan bertahap masing-masing interval nafas menjadi 15 detik, 20 detik, dan seterusnya. Semakin panjang interval nafas akan semakin oke hasilnya.

Hal yang perlu dicatat, latihan ini membutuhkan ketelatenan, disiplin dan semangat yang kuat, karena tanpa hal itu semua bisa jadi latihan ini terasa menyiksa dan membosankan. Semakin serius mengasah kemampuan vokal kita pasti akan menghasilkan kualitas vokal yang ok.

Silakan buat sobat sekalian yang mungkin mempunyai tips yang lebih oke boleh dishare bersama.



Pokoknya keep Rock On!!!
Stay away from drugs!!

Subscribe to receive free email updates: