Emo (Emosional Musik)


Musik telah berkembang menjadi sedemikian banyak jenisnya (genre). Kreatifitas para musisi mengekspresikan karya dengan sedemikian bebasnya membentuk sebuah alirn atau genre musi baru yang biasa disebut dengan nama emo, atau musik emosional.

Mari kita bahas sedikit tentang musik emo. Musik emo pada dasarnya masuk ke dalam musik beraliran rock, dengan balutan irama melodi yang begitu kuat, lirik yang mempunyai kesan yang mendalam, dan pembawaan dari sang vokalis yang begitu hanyut (emosional).

Sejarah awal musik emo

Dimulai sekitar tahun 1980-an di Washington DC terdapat sebuah genre hardcore punk yang memainkan musik yang mereka kasih label emotional hardcore atau juga dinamakan emocore. Band-band yang pada masa itu dikenal sebagai perintisnya adalah Embrance dan Rites of Spring.

Rites of Spring mengusung musik punk yang mereka bawakan denga gaya mereka sendiri, sebuah gaya punk baru yang lebih awam disebut emotive hardcore. Gaya mereka ini menjadi inspirasi para musisi dari masa itu yang berkembang hingga kini. Seiring waktu semakin banyak grup band pengusung punk dari Amerika meniru gaya Rites of Spring dalam bermusik.

Kreatifitas para musisi ini juga menyebabkan pergeseran warna musik (sound), dan makna awal emo itu sendiri, emo masuk dan menyatu dalam pop punk, soul, dan indie rock.

Diawali pada tahun 1990-an Jawbreaker dan Sunny Day Real Estate yang terinfluence emo musik, menjadi tonggak geliat musik emo. Tahun 1990-an menjadi tonggak bermunculan di Amerika Serikat bagian Tengah dan Barat. Sebagian dari band yang mulai muncul ini memilih jalur independen dan memfokuskan jenis musik mereka sebagai musisi emo.

Akhirnya pengakuan musik emo kian menguat diawal tahun 2000-an. Kita Band yang sukses mengibarkan emo musik pada era ini diantaranya adalah Jimmy Eat World dan Dasboard Convensional. Kesuksesan mereka dapat dilihat dari pencapaian mereka saat karya mereka laris menembus pangsa pasar dan mendapat anugerah piringa platina.

Pada era ini juga muncul sub genre baru yang dikenal dengan screamo. Screamo merupakan pecahan dai emo musik dengan karakter musik yang lebih agresif. Band yang memainkan karakter ini diantaranya adalah Fall Out Boy dan My Chemical Romance, mereka memainkan musik emo dengan lebih agresif dengan distorsi musik yang lebih gahar. Selain ke-dua band tersebut ada juga yang seirama denga mereka seperti Coheed and Cambira dan Panic at the Disco.

Emo adalah gaya, bukan sekedar musik tapi juga gaya hidup. Para kritikus dan wartawan musik mengaitkan emo dengan hubungan spesifik atau khusus antara musisi dengan para penggemarnya. Emo adalah life style...


Sedikit yang bisa kami bahas dari Emo, semoga bermanfaat buat kita para pecinta musik.





Pokoknya keep Rock On!!!


Stay away from drugs!!

Subscribe to receive free email updates: