Bebas Merdeka, Bermusik tanpa Intervensi



Bebas merdeka adalah keadaan dimana hak hidup setiap insan dihargai tanpa kekangan, intimidasi, paksaan, dan tindakan tidak sepantasnya yang lainnya dari pihak tertentu, golongan, bangsa ataupun individu lainnya.

Bebas merdeka adalah sebuah alasan tuk bertahan hidup, karena tanpa kebebasan maka hidup akan terasa sangat menyiksa. Kemerdekaan adalah hak seluruh makhluk hidup. Akan tetapi kebebasan dan kemerdekaan tersebut haruslah diiringi tanggung jawab, rasa cinta akan keadilan agar kehidupan bisa selaras dan damai.

Dalam prakteknya, kebebasan tetaplah terbatasi oleh kebebasan orang lain. Kita tidak bisa bebas sebebas-bebasnya tanpa mempedulikan orang lain.
Saat setiap individu menuntut kebebasannya maka disitulah ada keterikatan tuk tak bebas, ada aturan dan norma yang mengatur, bukan tuk membatasi dan mengekang namun tuk menyelaraskan hidup, sehingga kebebasan yang kita inginkan tidaklah menjadi kebebasan tanpa batas.

Kebebasan bisa menjadi dasar sebuah perjuangan, keinginan untuk menjadi lebih baik. Sikap saling menghargai dan menghormati akan memperindah tatanan kehidupan dengan kebebasan menentukan pilihan hidup sendiri. 

Sama seperti halnya dalam kehidupan pada umumnya, dalam dunia musik - kebebasan bisa diberi definisi segai sebuah keadaan atau sikap diri dalam mengekspresikan seni ataupun berkarya tanpa dibatasi oleh sebuah aturan atau keadaan yang hanya akan mengekang kreatifitas dalam bermusik.

Bermusik haruslah bebas, tanpa harus mengikuti arus, tren, pangsa pasar yang sedang menggeliat. Idealisme tentunya bisa menjadi landasan kenapa bermusik perlu "BEBAS".  Saat musik menjadi sebuah industri tentunya ada beberapa nilai kreatif yang tak lagi se bebas non industri, ada nilai market oriented yang mewarnai alur kreasi.

Segelintir orang mungkin akan dengan tanpa disadari secara penuh memegang peranan "pengukungan" kebebasan bermusik, berusaha mengebiri, mengeksploitasi demi ego pribadi tanpa mementingkan lagi arti seni yang seni.

Musik adalah seni, dan sebuah seni haruslah diekspresikan secara bebas tanpa intervensi. Bermusik secara independent akan lebih memberi warna dalam jiwa seorang musisi, tanpa harus terlalu risau dengan feed back yang akan dikejar. Kepuasan batin seorang musisi sejati tentunya akan sangat terusik saat musik hanya dihargai secara materi tanpa memandang karyanya sebagai sebuah MUSIK.

Bebas bermusik, bermusik secara bebas, bebas merdeka. Go indie music.





Pokoknya keep Rock On!!!
Stay away from drugs!!

Subscribe to receive free email updates: